PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR JUNTINYUAT INDRAMAYU

Ahmad Fauzan, Akhmad Rifai, Vina Shelfiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan proses dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan datanya meliputi obeservasi, dokumentasi dan tes. Data diperoleh dari subjek penelitian, yaitu siswa Kelas IV berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang diterapkan yaitu teknik Milles & Huberman yang mencakup: pengumpulan data, display data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa metode pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan proses pembelajaran siswa Kelas IV sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest siklus 2 (70,95) lebih besar dari nilai rata-rata posttest siklus 1 (60,47) dan nilai rata-rata pretest (53,57) serta nilai KKM (70). Selain itu, prosentase ketuntasan belajar pada siklus 2 (85,70%) lebih tinggi dari  pada siklus 1 (52,80%) dan pretest (23,80%)  dan KKM (70%). Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Make A Match dapat dicoba dan diterapkan oleh para guru dalam proses pembelajaran di kelasnya, baik untuk pelajaran IPA maupun pelajaran lainnya; baik di kelas IV SD maupun di kelas lainnya; baik di sekolah dasar maupun di sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu, peneliti mengajak dan memotivasi para guru lain untuk tergerak melakukan penelitian dan perbaikan demi peningkatan proses pembelajaran di kelas dengan menerapkan berbagai model dan media pembelajaran yang baik, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik.

 


Keywords


Model Pembelajaran, Make A Match, Proses Pembelajaran

References


A. Aly dan E. Rahma. (2010). Ilmu Alamiah Dasar. Bumi Aksara.

Arikunto dkk., S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). PT. Bumi Aksara.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Depdikbud. (1997). Manual Item and Test Analysis. Depdikbud: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian.

Isjoni. (2016). Cooperative Learning. Alfabeta.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. PT. Grasindo.

Nurgiyantoro, B. (2004). Statistik terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Gajah Mada University Press.

Rusman. (2018). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Tindakan kelas. Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sudikin. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhardjono. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). PT. Bumi Aksara.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Thibatul M. dan Nur Huda. (2015). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum 2006 (KTSP) terhadap Proses Pembelajaran (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Kupang). Inovatif, I, 116.

Yumarlin. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran SAINS Sekolah Dasar. Jurnal Teknika, 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id