PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA

Erni Hastuti, Ahmad Fauzan

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah LKPD yang memenuhi kriteria valid dan praktis berbasis pendekatan etnomatematika yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran penyajian data serta mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dikarenakan berangkat dari kebudayaan yang terdapat di sekitar peserta didik.  Penelitian ini mengacu kepada model pengembangan Plomp. Berdasarkan tahapan pengembangan LKPD serta uji coba one to one dan small group yang dilakukan pada kelas V SDN 01 Koto Baru dan SDN 05 Koto Baru Dharmasraya diperoleh 1) hasil validasi 3,63 dengan kategori sangat valid 2) hasil praktikalitas peserta didik 93,05 dengan kategori sangat praktis dan 3) hasil praktikalitas guru 100 dengan kategori sangat praktis. Dilihat dari hasil validasi dan praktikalitas, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan etnomatematika pada materi penyajian data sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar khususnya dikelas V SD.

 


Keywords


LKPD, Pendekatan Etnomatematika, Sekolah Dasar

References


Aulia, T. V., Indrayuda, & Mansyur, H. (2015). Tari Pasambahan Karya Syofyani : Studi Kasus Gaya Gerak Tari. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 4(1), 69–78.

Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013. Jakarta : Depdiknas.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Kou, D., & Deda, Y. N. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Acara Adat Thelas Keta Pada Masyarakat Noemuti. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–7.

Lestari, K. Ek., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). An Introduction Educational Design Research. Enshede : Netherlands Institute For Curiculum Development (SLO).

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta : Diva Press.

Qhotimah, C., & Hakim, L. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( LKPD ) Sebagai Bahan Ajar Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Produk Syariah Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 06(02), 189–194.

Rahayu, T. (2019). Karakteristik siswa sekolah dasar dan implikasinya terhadap pembelajaran. Jurnal Institusi Misbahul Ulum, 1(2), 109–121.

Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal Literasi, VII(Desember), 118–125.

Setiawan, H., Fauzan, A., & Arnawa, I. M. (2021). The Development of Geometrical Learning Devices Based On Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003

Sulistiani. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal dalam Membentuk Jiwa Profetik-Patriotik Peserta Didik. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 268–275.

Syafrayuda, D. R. (2015). Eksistensi Tari Payung Sebagai Tari Melayu Minangkabau Di Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 17(2).

Utami, R. N. F., Muhtadi, D., & Ratnaningsih, N. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Candi Borobudur. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 13–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erni Hastuti, Ahmad Fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id