PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI TATA SURYA

Ismi Dwi Hastuti, Abdul Ghoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk pengembangan media pembelajaran berbasis website. Pengembangan produk mengadopsi model ADDIE.  Fungsi ADDIE yaitu menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pelatihan yang efektif, dinamis dan mendukung kinerja pelatihan itu sendiri. Peneliti menggunakan jenis ini dengan alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi tata surya.

Wawancara (angket) digunakan untuk mengungkap tingkat kebutuhan pada MI. Pada tahap analisis kebutuhan ini diperoleh informasi bahwa pembelajaran bersifat teacher centered, penggunaan media pembelajaran kurang menarik, dan pemanfaatan fasilitas internet yang kurang maksimal dalam pembelajaran. Kriteria media yang dibutuhkan dikembangkan menjadi produk media pembelajaran IPA materi tata surya berbasis website. Produk ini divalidasi oleh ahli materi yang merupakan dosen IAIN Salatiga dan dinyatakan layak setelah dilakukan perbaikan. Uji sample dilakukan pada siswa kelas VI secara acak dan hasilnya dengan nilai rata-rata 80.7% termasuk kategori sangat layak. Uji efektivitas produk dilakukan pada 30 siswa kelas VI dengan menggunakan perhitungan  uji paired sample t-tes terhadap angket soal diperoleh hasil t hitung 8.605 dengan p=0.00<0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil pre test dan post test mengalami perubahan yang signifikan.

 

 


Keywords


Pengembangan Media Wibsite, Tata Surya

References


Aryaningrum, K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Media Penelitian Pendidikan , 2.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education , 4.

Danang Setyadi & ABD, Q. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan dan Deret. Kreano , 1-7.

Fibriani, D. R. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pesrta Didik Pada Materi Keseimbangan Kimia SMA. Edu-Sains , 1-5.

Marhamah. (2015). Perancangan dan Evektivitas Media Belajar Web dengan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Vulkanisme Kelas VII SMP PKPU. 2015: Tesis: PPs Universiitas Syiah Kuala.

Mawarni, M. Y. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout uuntuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun 2013/2014 pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia , 29-37.

Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Radia, A. F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak. Jurnal Mitra Pendidikan , Vol I, No 6. hlm 711.

Rohani, I. R.-k. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan , 93.

Saputra, O. (2019). Revolusi dalam Perkembangan Astronomi: Hilangnya Pluto Dalam Keanggotaan Planet Pada Sistem Tata Surya. Jurnal Filsafat Indonesia , Vol I. No I. hlm 72.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Suryadi, A. A. (2016). Keragaman Media dan Metode Pembelajaran dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 pada Tiga SMA Negeri di Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016. Indonesian Journal of History Education , 9.

Tania, N. J. (2017). Development Of Interactive E-Books Basd On Life Phenomena. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia , Vol. 6 No. 1. hal 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ismi Dwi Hastuti, Abdul Ghoni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id