STUDI KOMPARASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS DARING DI SEKOLAH DASAR

Abdurrohman Sholih, Nafiah Nafiah, Syamsul Ghufron, Dewi Widiana Rahayu

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa pada masa pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Student Team Achievement Division. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan nonequivalent group design. Populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I Sukomanunggal Surabaya, yaitu siswa kelas IV-G dan IV-H. Adapun uji keefektifan metode, data dianalisis menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, Apabila data keaktifan belajar siswa berdistribusi normal dan homogen menggunakan uji t-test, apabila tidak normal dan tidak homogen menggunakan Mann-Whitney U-Test. Untuk menganalisis secara deskriptif dilakukan dengan menganalisis  hasil lembar observasi mengetahui presentase nilai keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan belajara siswa pada kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 37 atau 72,5% (sedang), tertinggi 51 atau 100% (tinggi), selebihnya berada di atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata keaktifan adalah 46,27. (2) Keaktifan belajara siswa pada kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I, capaian skor terendah keaktifan 39 atau 76,4% (sedang), tertinggi 51 atau 100% (tinggi), selebihnya berada di atas 80% (tinggi), dan skor rata-rata keaktifan adalah 46,00. (3) Tidak terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa di kelas IV-G yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan kelas IV-H yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division di SDN Simomulyo I Surabaya pada taraf signifikasi 0,791 > 0,05.

 


Keywords


Pembelajaran Cooperative Learning Type TPS, Cooperative Learning Type STAD, Keaktifan belajar siswa, Daring.

References


Abdul Azis, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Bandung : UNPAS.

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61.

Agustin, I. T., & Nafiah. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31.

Alifiyanti, I. F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Fisika ditinjau dari Keaktifan Siswa MAN Tempursari Mantingan.

Arifin, Z., & Setyawan, A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta : PT. Skripta Media Creati.

Fauziah, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII MTs An-Nur Palangkaraya. IAIN Palangkaraya.

Hadi, S. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes dan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta : Andi Offset.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.

Ihwan, S. (2017). Studi Komparasi Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP Regular dan SMP Terbuka di SMPN 1 Kec. Reok Kab. Manggarai, NTT. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Isjoni. (2019). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Khasanah, F. (2016). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD( Students Teams Achievement

Division). LIKHITAPRAJNA (Jurnal Ilmiah), 18(2), 48–57.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63.

Laily, U. N., Nafiah, Hartatik, S., & Taufiq, M. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabaya. 9(April), 213–227.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mawar, N. K., Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 23.

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6.

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Permatasari, C., & Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil belajar melalui Media Aplikasi Zoom Meeting pada Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kediri.

National Conference for Ummah.

Pertiwi, L. S. I., & Bachri, B. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Kimia Materi Hidrokarbon Kelas X SMKN di Trenggalek. 1(1), 432–438.

Rahayu, S. (2014). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ). Ekuivalen, 12(2), 151–156.

Rahmawati, N. L. (2015). Implemantasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. UNY.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10.

Roziqin, M. A., Nafiah, Hartatik, S., & Taufiq, M. (2020). Gambaran Komunikasi Guru dengan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Siswa di SDIT Ghilmani Ketintang Surabaya. 9(June), 409–420.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Prose Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Sudjana, N. (2004). Dasar – Dasar Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : ALFABETA.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta : Sanata Dharma.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suryani, I. (2017). Studi Komparasi Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP Reguler dan SMP Terbuka di SMPN 1 Kec. Reok Kab. Manggarai, NTT. UIN Alauiddin Makassar.

Suseno, W., Yuwono, I., & Muhsetyo, G. (2017). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Kooperatif TGT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1298–1307.

Ummah, N. A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D. W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(2), 120–128

Wahyuni, A., & Abadi, A. M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD dan Type TPS pada Pembelajaran Bangun Ruang Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 164.

Wijaya, H., & Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, Vol. 16(No. 2), 175–196.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdurrohman Sholih, Nafiah Nafiah, Syamsul Ghufron, Dewi Widiana Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


____________________________________________________________

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : primary@ejournal.unri.ac.id